.

Cara membersihkan AC rumah tanpa mesin semprot tekanan tinggi.

Written by on ,
Cara membersihkan AC rumah tanpa mesin semprot tekanan tinggi - Hobilari. Pada kesempatan akhir minggu ini saya cukup banyak waktu luang. Bosen terus terusan mantengin layar komputer yang masih belum jelas arahnya, lebih baik saya kerjakan hal hal yang penting, kelebihan energi di akhir minggu harus saya salurkan menjadi hal yang positif.

Semalam, terdengan suara bising di AC rumah yang sudah berumur, ya pokoknya sudah lama sekali AC ini, sudah tidak keluar lagi model AC seperti yang saya pasang di kamar belakang. AC merk LG 1/2 PK, jenis jet cool, tapi bukan casing yang baru, namun casing lama, yah pokoknya sudah lama sekali lah. Namun bila ditengok di casing indoor AC yang terpasang di kamar tidur ini masih bersih, ya bersih terawat untuk ukuran AC yang telah lebih dari 10 tahun. Ya wajar, karena saya menjadwalkan pembersihan AC setiap 3 bulan. Saya rutin sekali membersihkan AC lha wong bisa saya kerjakan sendiri kok, ada tangga, ada mesin penyemprot air tekanan tinggi, ember, obeng, tang, selotip, plastik, lem leleh,dan lain lain sebagainya peralatan untuk membersihkan AC.



Ya kenapa say rajin membersihkan AC, alasannya sebenarnya lebih karena supaya sehat dan supaya irit efisien saja. Sehat didapat dari AC yang terawat, bebas jamur, dan endapan debu di bagian blowernya, irit karena AC yang terawat kerjanya akan efisien sehingga cepat dingin dan tentu tenaga listrik yang gunakan jadi tepat sehingga irit.



Selain hal di atas kenapa saya rajin ya karena memang bisa saya kerjakan sendiri. Seperti saat ini banyak energi dan waktu luang, maka lebih baik saya segera ambil tangga dan bereskan suara berisik di AC indoor ini. Setelah saya buka casing indoor ACnya, tersisa bagian kisi, blower, dan board elektronik. Segera saya lepasi bagian talang ac, kemudian bagian panel transceiver infrared yang menerima pesan kendali dari remote. Lalu saya lepas talang yang ada motor penggerak swing arah semburan hawa dingin dari AC. Tak lupa pula saya lepaskan bagian filter AC.

Segera saja saya cuci bagian talang air, pakai sabun dan sabut halus, saya sikat bagian yang banyak endapan kotoran berlendir, juga bagian filter saya semprot bersih. Setelah keduanya bersih lalu saya jemur dulu, biar nanti kalau mau dipasang ke unit indoor lebih cepat karena sudah kering.

Setelah itu saya urus bagian indoor yang telah dibuka, lalu saya lansung cek di bagian blower yang biasa menghantarkan angin melewati bagian kisi yang dialiri refrigerant, semburan ini akan membawa hawa dingin ditarik kipas blower lalu dihembus ke ruangan, maka seketika udara keluar dari unit indoor ini akan menjadi dingin.

Setelah saya cek bunyi ternyata dari blower yang terhubung dengan motor yang kurang pas, ada 3 sekrup pemegang motor yang terhubung langsung dengan caring pemegang board kendali, saya kencangkan semua. lalu saya putar pakai tangan, dan bunyi sudah hilang.

Sekarang saatnya membersihkan bagian kisi penyebar udara dingin. Saya menggunakan mesin penyemprot air tekanan tinggi atau biasa disebut high pressure cleaner, namun itu dulu, kalau sekarang saya cukup menggunakan air kran, yang terhubung langsung ke WTP atau water treatment plant yang memiliki tekanan tinggi, sehingga cukup mampu untuk kegiatan bersih bersih seperti mencuci mobil, membersihkan lumut di pot, membersihkan lumut di tandon air, dan juga tentunya membersihkan ac. Tekanannya sangat cukup, malah boleh dikatakan sangat sangat kuat karena memang WTP terletak jauh lebih tinggi sehingga energi potensialnya juga besar.

Setelah AC saya pasang tudung penangkap tetesan air yang saya buat sendiri, segera juga saya tutup board kendali di unit indoor, agar ketika saya semprot air tidak ada yang liar mengenai bagian elektronik. Bisa berabe bila bagian elektronik terkena air biarpun sedikit akan jadi masalah.

Setelah selesai membersihkan bagian kisi penyebar dingin, saya cek lagi terutama bagian blower saya putar sudah tidak ada bunyi, setelah pasti segera saya pasang talang, pasang board transceiver infra merah dari remote ac, pasang casing bagian luar, pasang filter, lalu tes nyala. Saya tunggu sampai selang buangan telah mengalirkan air dengan baik dan tidak ada bocor.

Kebocoran kebocoran setelah AC diservis itu sering ditanyakan rekan rekan, biasanya terjadi karena pemasangan yang tidak tepat, maka perlu dirunut lagi dan dicek lagi. Bila sudah terpasang OK bisa dicek lagi.

Untuk detail cara membersihkan AC tanpa alat high pressure cleaner segera simak saja video yang sudah saya sertakan di postingan ini. Semoga postingan dan video memberikan manfaat untuk rekan rekan semuanya.
Next
This is the most recent Article.
Older Post

No comments:

Post a Comment

.