.

Cara buat voice over yang bagus untuk video dengan biaya yang sangat murah

Written by on ,
Cara buat voice over yang bagus untuk video dengan biaya yang sangat murah - Hobilari.Com. Saat ini banyak sekali yang memiliki channel youtube, terutama yang memulai secara amatiran, artinya hanya membuat channel youtube untuk iseng saja. Karena tidak dikelola secara serius, maka hasilnya juga tidak serius, hasil di sini saya katakan bukan uang, tapi parameter keberhasilan channel, seperti jumlah view, jumlah subsriber, yang secara otomatis akan meningkat bila video yang diupload di channel tersebut bagus kualitasnya.

Sekarang sudah banyak Video berkualitas bagus yang hanya diambil dengan kamera gadget baik Android maupun Iphone. Kemampuan kamera gadget sekarang tidak bisa dianggap sepele, karena selain mampu merekam dalam resolusi Full HD 1920 x 1080, telah ada juga beberapa gadget yang mampu merekam 4K. Namun bagi saya walaupun saya punya gadget dengan kemampuan rekam video full HD ataupun 4K, saat ini saya masih nyaman membuat video dengan resolusi HD 1280 x 720. Resolusi ini sudah sangat cukup ditonton di kebanyakan layar layar audience saya. Karena bagaimanapun kita sebagai content provider tentu juga harus membuat content yang pas bagi audience kita.


Sebagian video yang dihasilkan kamera kamera dari gadget sekarang ini memang bagus kualitas videonya, namun tidak untuk kualitas suaranya. OK-lah bila itu hanya untuk syuting jarak dekat sekitar 50cm mungkin masih bisa menangkap suaranya. Namun untuk pengambilan gambar pada jarak lebih besar dari itu saya yakin suaranya akan sangat lemah ditangkap.

Sebenarnya rekan bisa menambahkan mic ekternal untuk merekam suara saat mengambil video dengan gadget, namun sekali lagi kebanyakan aplikasi kamera bawaan gadget tidak mendukung eksternal mic.

Untuk bisa menggunakan mic eksternal maka rekan hobilari perlu memasang aplikasi Open Camera, karena aplikasi ini memiliki setting untuk dapat merekam suara dengan lebih jelas karena aplikasi ini bisa merekam suara dari external mic. Jangan bayangkan mic eksternalnya seperti mic profesional yang sering dipasang di atas kamera DSLR atau kamera kamera video profesional, karena ternyata kabar baik dan sangat cocok kantong adalah rekan dapat menggunakan headset bawaan gadget yang ada mic-nya. Cara penggunaannya pun sangat mudah, yaitu cukup pasangkan headset lalu dekatkan mic sekitar 5 cm di samping mulut anda, lalu berbicara seperti biasa. Namun sebelumnya setting di Open Camera sudah diatur yaitu untuk mencentang use external mic if present. Cobalah sekarang dan rasakan hasilnya benar benar sangat beda.

Cara merekam suara dengan external mic seperti pada paragraf sebelumnya ini cocok sekali bila rekan membuat tutorial misalnya DIY atau unboxing, dimana rekan hanya merekam bagian barang yang menjadi objek unboxing atau DIY tanpa perlu memperlihatkan wajah, ini karena kabel headset yang anda pasang seperti layaknya mendengarkan music akan jelas terlihat bila anda menampilkan wajah anda.

Bagaimana bila anda ingin menampilkan wajah, namun tak ingin kabel terlihat? Solusinya bisa saja diakali bagaimana caranya agar anda bisa menyelipkan mic di dekat krah baju, lalu anda berbicara seperti biasa, dan hasilnya wajah bisa tampil dengan baik tanpa terlihat kabel menggantung di dekat leher anda.

No comments:

Post a Comment

.